Selasa, 24 Oktober 2017

Break Event Point

KD 3.4
Menganalisis Strategi Promosi Produk Usaha Kerajinan
Materi :
  • Mengenal Konsumen

Mengetahui dan memahami apa yang diinginkan konsumen dan bagaimana mereka bertindak merupakan bagian penting dari bisnis apapun.. Melakukan riset pasar secara teratur merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mengenal dan memahami perilaku konsumen sasaran.
Hanya dengan mengenal dekat siapa konsumen anda, anda bisa menangkap kebutuhan dan keinginan mereka, mengetahui lebih jauh apa yang sebenarnya mereka harapkan dari produk anda, dan apa alasan terkuat mereka sampai akhirnya membeli produk anda.
  • Strategi Promosi

  1. Memperkuat nama produk
Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan produk adalah  dengan kegiatan branding produk. Branding merupakan aktivitas untuk lebih mengenalkan produk yang dijual agar calon konsumen menjadi target pasar mengenali produk tersebut, tertarik, dan melakukan aktivitas pembelian
  1. Mengenal kompetitor
Mengenal pesaing dalam usaha bukanlah hal yang buruk. Dengan mengenal pesaing, kita mendapat gambaran akan strategi yang dapat digunakan untuk menjadikan usaha kita lebih unggul dari yang lain.
  1. Rajin berinovasi
Inovasi adalah suatu langkah yang penting dalam kegiatan berbisnis. Variasi baru pada produk yang lain dari yang lain dapat menarik perhatian konsumen,serta menambah nilai lebih pada usaha kita.
  1. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan
Memiliki koneksi dengan pelanggan sangat menguntungkan dalam kegiatan kewirausahaan. Hubungan yang baik antara penjual dan pembeli dapat memberikan citra yang baik akan usaha kita dan bahkan sebagai ladang promosi secara tidak langsung.
  1. Memilih tempat usaha
Lokasi usaha sangat menentukan kesuksesan suatu usaha. Lokasi yang dekat dengan konsumen serta suasana yang nyaman dapat menarik minat para konsumen untuk berkunjung. Dalam menentukan lokasi usaha perlu diperhatikan agar dapat diakses atau dijangkau dengan mudah oleh para konsumen.

  • Rencana Promosi

Berikut beberapa contoh rencana promosi yang dapat diterapkan dalam kegiatan wirausaha
  1. Membuat Kemasan
Kemasan yang unik dan beda dari yang lain sebagai langkah dalam mempromosikan produk melalui produk itu sendiri.
  1. Membuat diskon
Potongan harga produk ketika peluncuran pertama atau di hari-hari tertentu dapat menjaring konsumen untuk membeli produk kita.
  1. Membuat bonus
Memberikan bonus dapat dilakukan dengan beberapa macam cara seperti dalam pembelian produk dengan jumlah atau frekuensi tertentu mendapatkan bonus berupa produk lain secra gratis atau sebagainya.
  1. Mengadakan event, pameran atau kuis
Mengadakan event-event luar seperti pameran dan sebagainya dapat digunakan sebagai strategi promosi dengan cakupan sasaran konsumen yang lebih luas, majemuk, dan beragam

  • Media promosi

Berikut ini beberapa contoh media promosi yang dapat digunakan dalam mempromosikan usaha kita:
  • Media sosial/internet
  • Media cetak
  • Iklan koran
  • Majalah
  • Poster
  • Baliho
  • Plank
  • Spanduk
  • Kartu nama
  • Kemasan produk

1 komentar:

  1. Infonya bermanfaat banget, makasih ya.
    Oh ya, sekedar informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Tempat Sewa Genset Syncronize Jakarta untuk keperluan event atau lainnya bisa coba menghubungi kami dari Arthur Teknik.

    Terima kasih ya min.
    Salam blogger.

    BalasHapus